Cara Menyimpan Darah: 8 Langkah

Sayangnya, Anda tidak dapat menyimpan darah Anda sendiri untuk keperluan pribadi baik di rumah atau di fasilitas medis, tetapi Anda dapat menyimpan darah tali pusat untuk keperluan keluarga di bank darah pribadi. Prosesnya mahal, tetapi memiliki kelebihan. Anda harus meluangkan waktu mencari pro dan kontra dari penyimpanan darah pribadi dan kemudian membuat rencana tentang cara mengumpulkan dan menyimpan darah tali pusat anak Anda.

Tentukan pilihanmu

Jak skladovat krev: 8 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Cari tahu mengapa orang menyimpan darah tali pusat. Sementara beberapa orang menyimpan darah mereka karena mereka tidak mempercayai darah yang disumbangkan, kebanyakan bank darah swasta hanya menyimpan darah tali pusat bayi yang baru lahir. Pasien dengan berbagai penyakit yang mengancam jiwa dapat diobati dengan transfusi darah dari darah tali pusat anak yang sehat. Kebanyakan orang tua berpikir bahwa menyimpan darah tali pusat bayi mereka dapat membantunya di masa depan jika ia membutuhkan transfusi selama hidupnya.

Darah tali pusat mengandung sel punca. Sel punca mampu bertransformasi menjadi banyak jenis sel berbeda yang berharga dalam pengobatan penyakit tertentu, seperti penyakit sel sabit, leukemia, limfoma, sindrom imunodefisiensi, dan penyakit metabolik.

Jak skladovat krev: 8 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Cari tahu di mana darah dapat disimpan. Penyimpanan darah tali pusat mahal. Anda dapat mendonorkan darah tali pusat secara gratis, tetapi Anda harus membayar fasilitas swasta untuk menyimpan darah untuk anak Anda sendiri di kemudian hari.

Ada bank darah swasta di seluruh negeri. Anda dapat bertanya kepada dokter Anda di mana bank darah terdekat di daerah Anda.

Darah harus disimpan dalam kondisi tertentu dan pada suhu tertentu agar dapat digunakan nantinya dalam pengobatan. Karena itu, darah tali pusat tidak bisa disimpan di rumah. Praktik ini juga ilegal di banyak negara.

See also  Cara Mengobati Sengatan Kalajengking

Jak skladovat krev: 8 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Pertimbangkan pro dan kontra penyimpanan darah tali pusat. Meskipun praktik ini menjadi lebih populer dalam beberapa tahun terakhir, penyimpanan darah tali pusat masih kontroversial. Hal ini tidak dianjurkan oleh para ahli di bidang transplantasi, ginekologi dan kebidanan dan dokter anak. Namun, beberapa orang tua dan dokter masih menganjurkan praktik ini.

Dengan bantuan darah tali pusat, keberhasilan transfusi darah pada anak sedikit meningkat. Namun, anak-anak sering kali merespon dengan baik, jika tidak lebih baik, terhadap darah dari pendonor.

Kemungkinan anak Anda menggunakan darah tali pusat kurang dari 0,04%. Anak Anda lebih mungkin mendapatkan transfusi darah yang berhasil – darah tali pusat anak Anda kemungkinan besar akan mengandung sel-sel yang sama yang menyebabkan penyakit yang ingin Anda obati.

Namun, jika Anda memiliki anak lain dengan penyakit yang memerlukan transfusi darah, petugas medis biasanya merekomendasikan untuk menyimpan darah tali pusat anak lain. Transfusi saudara kandung dapat membantu bayi Anda.

Jak skladovat krev: 8 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Pertimbangkan biayanya. Penyimpanan darah pribadi mahal. Biaya pertama untuk pengumpulan dan pemrosesan dapat berjumlah CZK 20.000 hingga 25.000. Biaya penyimpanan tahunan sekitar 1600 CZK per tahun. Sebelum Anda memutuskan, pertimbangkan apakah penyimpanan darah pribadi terjangkau untuk Anda.

Jak skladovat krev: 8 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Cari tahu untuk penyakit apa penyimpanan darah tali pusat penting untuk anak Anda. Kondisi medis tertentu meningkatkan kemungkinan anak Anda atau anggota keluarga lain membutuhkan transfusi darah. Ini bahkan dapat mempengaruhi biaya penyimpanan.

Ingatlah bahwa beberapa bank swasta menawarkan diskon jika Anda memiliki keadaan yang meringankan. Jika Anda memiliki riwayat keluarga leukemia atau limfoma, penyakit sel sabit, talasemia, penyakit sistem kekebalan atau gangguan metabolisme, ini akan meningkatkan kemungkinan anggota keluarga membutuhkan donor darah. Bank mungkin bersedia menawarkan diskon dalam kasus ini.

See also  Cara Makan Saat Hamil Anak Kembar: 14 Langkah

Jika Anda memiliki anak yang memiliki salah satu penyakit di atas, menyimpan darah tali pusat mungkin merupakan ide yang baik. Anak memiliki peningkatan risiko menjalani transfusi. Sekali lagi, bank swasta mungkin menawarkan diskon dalam kasus ini.

Cari bank darah

Jak skladovat krev: 8 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Temukan bank penyimpanan darah tali pusat yang bagus. Ada banyak bank penyimpanan darah tali pusat di seluruh dunia. Anda dapat bertanya kepada dokter atau rumah sakit Anda atas rekomendasi bank swasta terkemuka, atau Anda dapat melihat daftar bank darah swasta dan melakukan penelitian sendiri tentang bank darah yang Anda temukan.

Anda dapat menemukan daftar bank penyimpanan darah tali pusat gratis di Internet.

Perhatikan bahwa harga belum tentu merupakan indikator kualitas. Beberapa bank darah yang lebih murah mungkin berada di ambang perilaku yang berpotensi berbahaya, tetapi yang lain mungkin memiliki biaya yang lebih rendah hanya karena mereka menghabiskan lebih sedikit untuk pemasaran. Reputasi biasanya merupakan sosok terbaik. Anda juga harus melihat kualifikasi dan pengalaman mereka yang menjalankan bank darah, serta kelangsungan hidup, stabilitas dan teknologi penyimpanan bank itu.

Memilih. Jika satu bank darah tidak dapat menawarkan diskon, hubungi bank lain. Mungkin perlu beberapa saat bagi Anda untuk menemukan harga terbaik untuk situasi keuangan Anda.

Jak skladovat krev: 8 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Sertakan keputusan ini dalam rencana kelahiran Anda. Setelah Anda menemukan bank darah swasta yang ingin Anda ajak bekerja sama, hubungi mereka dan buatlah janji. Anda juga harus memastikan bahwa dokter dan rumah sakit Anda dapat bekerja sama dengan bank darah setidaknya satu bulan sebelum bayi Anda lahir.

Perusahaan yang Anda pilih sebagai bank darah Anda harus mengirimkan kit koleksi. Anda harus membawa kit ini ke rumah sakit atau pusat bersalin sebelum melahirkan. Bahkan jika rumah sakit tidak menerima koleksi kit untuk melahirkan, Anda harus memastikan bahwa mereka tahu tentang niat Anda untuk menyimpan darah tali pusat.

See also  Cara Merawat Jari Yang Terbentur: 8 Langkah

Pastikan bahwa darah tali pusat dikumpulkan setelah melahirkan. Dokter dan perawat harus mengambil darah dari tali pusat dalam beberapa menit setelah kelahiran bayi Anda.

Jak skladovat krev: 8 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Jika perlu, kumpulkan darah dari bank. Setiap bank darah swasta memiliki prosedurnya sendiri, tetapi ketika keluarga Anda membutuhkan darah tali pusat yang disimpan di bank, Anda memberi tahu bank tentang niat Anda dan mereka mengirimkan darah ke rumah sakit untuk transfusi. Anda mungkin memerlukan surat keterangan medis dari dokter bahwa darah diperlukan untuk pengobatan. Darah tali pusat akan diuji untuk melihat apakah cocok untuk pasien.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.