Cara Merawat Jari Yang Terbentur: 8 Langkah

Jari terbentur adalah jenis dislokasi yang terjadi saat menyentuh ujung jari.[1] X Sumber penelitian Cedera ini terjadi terutama pada olahraga (bola voli, bola basket, sepak bola, dan rugby) dan biasanya sembuh tanpa perawatan khusus, namun, perawatan tambahan di rumah dapat mempercepat pemulihan Anda. Dalam beberapa kasus, perawatan medis khusus diperlukan.

Perawatan di rumah

Jak ošetřit naražený prst: 8 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Pastikan tidak ada cedera serius. Tingkat nyeri dari cedera muskuloskeletal tidak selalu sesuai dengan tingkat keparahan cedera. Dengan kata lain, orang yang terluka dapat menyakiti Anda seperti neraka, bahkan jika itu tidak serius. Jari yang terluka mungkin akan melukai Anda terutama sejak awal, namun cedera ini tidak separah jari yang terkilir atau patah. Anda dapat mengenali jari yang terkilir atau patah dengan sedikit kelengkungan jari, bengkak atau memar. Jika jari Anda sakit dan benar-benar tertekuk pada sudut yang tidak wajar, atau jika bengkak atau memar, cari bantuan medis. Jika jari Anda hanya sakit dan tidak menunjukkan gejala di atas, jangan membebaninya dan biarkan saja.

Temui dokter jika Anda mengalami rasa sakit yang luar biasa, mati rasa, lemas, bengkak, atau memar di jari Anda.

Jari yang cedera merusak ligamen di sekitar sendi jari dan mengurangi gerakan sendi karena pemadatan.

Sedikit memar pada jari memenuhi syarat sebagai keseleo derajat 1, yang berarti ligamen terlalu meregang tetapi tidak robek.

Istirahatkan jari Anda dan bersabarlah. Penyebab paling umum dari cedera ini adalah lemparan bola yang salah dalam olahraga, seperti bola basket, bola voli, atau baseball. Jika jari Anda terluka, Anda harus mengucapkan selamat tinggal pada olahraga untuk sementara waktu. Waktunya bervariasi tergantung pada cedera dalam urutan beberapa hari hingga minggu. Jangan meregangkan jari Anda sama sekali, jadi jika Anda harus menggunakan jari yang terluka selama aktivitas lain, Anda harus melewati aktivitas tersebut atau menggantinya dengan yang lain. Secara umum, ada cukup istirahat untuk keseleo, memar dan peradangan.

See also  Cara Menggunakan Psyllium: 10 Langkah

Saat terluka, kemampuan Anda untuk menggenggam dan memegang benda di tangan Anda akan terbatas. Menulis di kertas atau komputer juga akan sulit bagi Anda, terutama jika cedera melibatkan tangan dominan Anda.

Benturan jari tidak hanya terjadi saat berolahraga, Anda juga dapat menimbulkan cedera yang sama di rumah, misalnya dengan menjepit jari di pintu.

Perhatikan jari Anda yang memar. Nyeri jari biasanya disebabkan oleh peradangan, yang ditutupi dengan terapi dingin, yang memperlambat sirkulasi darah di area tersebut, mengurangi pembengkakan dan melumpuhkan serabut saraf. Yang harus Anda lakukan adalah mengambil es batu, gel atau sekantong sayuran beku (seperti kacang polong) dan letakkan di jari Anda selama 10-15 menit dan ulangi sampai rasa sakit dan peradangan hilang. Setelah beberapa hari, Anda tidak perlu membekukan jari Anda.

Saat icing, angkat tangan Anda dan dukung dengan bantal, misalnya, yang akan mengurangi aliran darah melalui jari karena gravitasi dan dengan demikian mengurangi peradangan.

Pastikan untuk membungkus semua es krim dengan handuk sebelum menggunakannya di jari Anda untuk mencegah radang dingin.

Minum obat antiinflamasi jangka pendek. Cara lain yang efektif untuk memerangi peradangan dan nyeri jari yang terluka adalah dengan mengonsumsi obat antiinflamasi yang dijual bebas seperti aspirin, ibuprofen (Advil, Motrin) atau naproxen (Aleve). Obat-obatan ini membantu tubuh Anda mengurangi peradangan. Perlu diingat bahwa NSAID dan analgesik lainnya biasanya hanya untuk penggunaan jangka pendek (kurang dari 2 minggu). Mereka mengandung efek samping berbahaya yang mempengaruhi perut, hati dan ginjal. Untuk mengurangi risiko iritasi lambung bahkan tukak lambung, tidak disarankan untuk mengonsumsi obat-obatan tersebut saat perut kosong.

Aspirin tidak boleh diberikan kepada orang di bawah usia 18 tahun karena risiko sindrom Reye. Ibuprofen tidak cocok untuk bayi di bawah usia 6 bulan.

Jika Anda tidak memiliki akses ke obat antiinflamasi nonsteroid, minum obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol (Tylenol), yang memiliki efek yang sama pada cedera Anda, tetapi obat penghilang rasa sakit ini tidak meredakan peradangan.

See also  Cara Menghilangkan Kacamata Berlensa

Sebagai alternatif pil, Anda bisa mencoba krim anti-inflamasi atau gel pereda nyeri. Krim atau gel dioleskan langsung ke tempat nyeri dan menghilangkan risiko kemungkinan masalah perut.

Berikan dukungan jari Anda. Selama penyembuhan, Anda dapat menempelkan jari yang terkena ke jari yang berdekatan untuk stabilitas dan perlindungan yang lebih baik dari cedera lebih lanjut. Dapatkan pita medis dan tempelkan jari yang terluka ke jari yang berdekatan dengan ukuran yang sama. Berhati-hatilah untuk tidak menempelkan selotip terlalu kencang. Ini bisa menyebabkan pembengkakan lebih lanjut atau bahkan pemotongan jari dari aliran darah. Masukkan sepotong kain kasa kapas di antara jari-jari Anda untuk mencegah lepuh.

Jika Anda tidak memiliki selotip medis, Anda dapat menggunakan selotip, selotip listrik, bungkus kering kecil, atau perban karet sebagai alternatif.

Jika Anda ingin memberi lebih banyak dukungan pada jari Anda yang terluka, Anda dapat menggunakan pelat kayu atau aluminium dengan selotip. Anda dapat menekuk varian aluminium agar sesuai dengan cedera jari individu.

Perawatan medis

Konsultasikan dengan dokter umum Anda. Jika rasa sakit, bengkak atau kaku tidak mereda setelah istirahat yang cukup dan perawatan di rumah lebih lanjut, buatlah janji dengan dokter. Dalam hal ini, jari Anda mungkin tidak hanya terbentur, tetapi mungkin juga patah rambut atau patah tulang panjang jari, atau cedera pada tulang sendi, yang terjadi ketika sepotong tulang terlepas dari ikatannya. lokasi. Jika dokter memutuskan bahwa jari Anda patah, ia mungkin akan memberi Anda pelat logam padat dan mengajari Anda apa yang harus dilakukan selanjutnya. Anda perlu memakai belat selama beberapa minggu.

Dokter Anda mungkin mengirim Anda untuk melakukan rontgen untuk memeriksa patah tulang lain atau penyakit lain yang mungkin menyebabkan rasa sakit, seperti osteoartritis (keausan), osteoporosis (kerapuhan tulang), atau infeksi tulang.

Perlu diingat bahwa patah rambut kecil mungkin tidak terlihat pada sinar-X sampai pembengkakan mereda.

See also  Cara Mencegah Mual Saat Membaca Di Dalam Mobil: 11 Langkah

Dokter Anda mungkin juga mengirimi Anda pencitraan resonansi magnetik untuk memeriksa kondisi tendon, ligamen, dan tulang rawan di sekitar jari yang cedera.

Kunjungi ahli osteopati atau chiropractor. Osteopaths dan chiropractors adalah spesialis yang berfokus pada pemulihan gerakan dan fungsi tulang belakang dan sendi perifer yang tepat, termasuk yang ada di tangan dan jari. Jika sendi Anda terbentur atau bahkan bergeser, spesialis ini dapat memperbaiki jari Anda dengan memanipulasi sendi secara manual (atau menyesuaikan sendi), sehingga mengembalikan sendi ke posisi semula. Anda mungkin mendengar retakan atau tamparan selama prosedur ini, namun, setelah suara yang tidak menyenangkan ini, Anda akan segera merasa lega dan Anda akan dapat menggerakkan jari Anda dengan lebih baik.

Meskipun mungkin satu intervensi oleh spesialis ini akan cukup untuk sepenuhnya menghilangkan rasa sakit dan mengembalikan gerakan penuh, biasanya diperlukan beberapa kunjungan sebelum terjadi peningkatan yang signifikan.

Manipulasi sendi secara manual tidak diperlukan jika itu adalah fraktur, infeksi, radang sendi (rheumatoid).

Dapatkan rekomendasi untuk ahli ortopedi. Jika gejalanya menetap atau bahkan memburuk, atau jika gerakan penuh jari tidak kembali dalam satu hingga dua minggu, maka seorang ahli ortopedi harus dikunjungi. Ahli ortopedi juga merupakan spesialis sendi yang menggunakan suntikan dan operasi untuk mengobati cedera sendi bermasalah yang tidak sembuh dengan baik. Jika jari Anda ternyata patah dan tidak dirawat dengan baik, Anda mungkin perlu menjalani operasi kecil. Alternatifnya adalah dengan menyuntikkan obat steroid ke dalam atau di dekat ligamen atau tendon yang cedera. Suntikan dapat dengan cepat mengurangi peradangan dan juga memungkinkan Anda untuk memiliki gerakan jari yang normal dan tidak terbatas.

Jenis steroid yang paling umum digunakan termasuk prednisolon, deksamentason dan triamsinolon.

Kemungkinan komplikasi yang terkait dengan suntikan tangan kortikosteroid termasuk infeksi, kelemahan tendon, atrofi otot lokal, dan iritasi atau kerusakan saraf.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.